Monthly Aditif Startup Nite October: The Art of War: Dealing with Competition

Pada Jumat (5/10) pertemuan bulanan Asosiasi Digital Kreatif (Aditif) yaitu Aditif Startup Nite kembali digelar. Kali ini pertemuan bulanan Aditif ini dihelat di Parsley Resto, Yogyakarta. Bertajuk The Art of War: Dealing with Competition, pertemuan ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Larry Chua, Founder Caption Hospitality dan Akbar Faisal, Co-Founder SatuLoket. Selain dari pembicara hadir pula perwakilan dari start-up anggota Aditif yang hadir dalam diskusi malam itu.

The Art of War tema yang diangkat pada malam itu,  merupakan buku yang ditulis oleh Sun Tzu seorang filsuf dan juga jenderal militer dari Tiongkok, didalamnya dibahas bagaimana strategi untuk mengalahkan lawan. Maka tema yang diangkat untuk Aditif Startup Nite bulan oktober ini membahas bagaimana strategi sebuah start-up untuk bisa berkompetisi dengan startup atau perusahan lain yang memiliki produk atau jasa yang sama.

Larry Chua pada malam itu memaparkan filosofi dan juga prinsip The art of War yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis. Bisnis secara prinsip dekat dengan dengan persaingan dan kompetisi sehingga filosofi dan prinsip dari Sun Tzu akan sangat ideal untuk menghadapi situasi bisnis, dalam hal ini start-up untuk bisa menjadi lebih kompetitif.

 

Akbar Faisal dalam kesempatan itu memaparkan pemahaman dari filosofi dan prinsip secara praktis. Hal yang dipaparkan antara lain: cara melihat bisnis yang sedang dijalani, melihat bisnis yang dimiliki oleh kompetitor, melihat peluang yang ada bagi bisnis  yang sedang dijalani, tantangan dan apa saja yang sekarang dihadapi dan akan muncul, kekuatan dan kekurangan dari bisnis yang sedang dijalani, kapan seorang pebisnis dapat menentukan waktu yang tepat untuk terjun dalam kompetisi, menyerang atau bertahan, dan kapan waktu yang paling tepat bagi seorang pebisnis untuk mempersiapkan strategi agar bisnis yang dijalani dapat berkembang.

Para audience yang hadir pada malam itu tampak antusias dengan materi yang dipaparkan oleh kedua pembicara pada malam itu. Terutama pada hal bagaimana menerapkan strategi-strategi yang ada untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Langkah-langkah konkrit apa yang bisa dilakukan, dasar-dasar apa yang harus dipelajari sehingga tidak ada lagi ada paradigma instan yang menghantui start-up.

 

 

Be unpredictable, look great when you weak, look weak when you great.

Move swift as a wind and closely formed as the wood. Attack like the fire and be still as the mountain.

Let Your Plans be Dark as dark as night, move like thunderbolt.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *