Monthly ADITIF Startup Nite 02: How to Acquire, Keep, and Scale up your startup

Untuk kedua kalinya, Diskusi bulanan ADITIF pada hari Kamis (4/5) dilaksanakan. Bertempat di Domestik Coffee and Eatery, diskusi malam itu dihadiri kurang lebih dua puluh orang yang merupakan perwakilan dari startup anggota ADITIF. Kegiatan ini merupakan sarana bagi para anggota ADITIF berkumpul dan mendiskusikan berbagai hal berkaitan dengan startup.

Diskusi malam itu secara khusus membahas bagaimana memperoleh, mempertahankan, dan membesarkan bisnis sebuah startup. Pada malam itu, Rizqinofa Putra M. founder dari Skyshi.com hadir sebagai pembicara untuk memberi materi sekaligus sharing pengalaman-pengalaman yang dimilikinya dalam membangun startup.

Scale up atau membesarkan sebuah bisnis setelah sebuah startup berhasil mencapai pangsa pasar yang cukup adalah tantangan paling besar bagi seorang pengusaha. Dalam uraiannya, ada jurang pemisah yang besar yang harus bisa dilampaui oleh sebuah startup untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi yang tidak jarang menjegal startup untuk berkembang. Dari data yang ada 74% startup di Silicon Valley gagal berkembang akibat tidak bisa melewati fase ini.

Pada Diskusi hari itu, Rizqi mengemukakan bahwa permasalahan sebuah startup untuk scale up bukan hanya dari sisi teknologi saja melainkan juga permasalahan bisnis, karena pada dasarnya tujuan dibangunnya sebuah startup adalah bisnis. Maka, dalam mengembangkan sebuah startup menjadi lebih besar perlu memperhatikan model bisnis apa yang sesungguhnya startup itu geluti dan juga visi yang dimiliki startup itu sendiri.

Untuk memperolehnya, tantangan-tantangan yang biasa dihadapi oleh startup untuk scale up adalah pertumbuhan pasar yang sangat besar sehingga sebuah startup sulit untuk mengelola pasar yang ada, dan menjaga pasar dan pertumbuhan yang sudah diraih oleh startup tersebut. Cara Skyshi untuk bisa scale up antara lain adalah dengan membangun visi perusahaan, membangun sistem yang baik di perusahaan, membangun budaya perusahaan, merekrut orang yang tepat di bidangnya. Hal-hal tersebut membantu sebuah startup agar tetap berjalan searah dengan keinginan founder dalam membangun startup yang didirikannya, sehingga saat proses scale up sebuah startup tidak kehilangan “jati diri”-nya.

Dalam kegiatan diskusi malam itu pula, banyak sharing terjadi antar anggota ADITIF mengenai pengalaman mereka pada startup masing-masing dan bagaimana menyelesaikan masalah yang mereka hadapi terutama dalam hal scale up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *