Memberdayakan Perempuan di Era Digital : Kartini in Digital Industri

Berbeda dari biasanya, talk show bersama para founder start-up pada hari Kamis (19/4/2018) lebih semarak, lebih dari separuh peserta yang hadir adalah perempuan. Sekitar lebih dari 50 peserta hadir dalam acara bertemakan Kartini in Digital Industry yang diadakan oleh Developer Cirles Yogyakarta from facebook. Talk show pada hari tersebut memang spesial diadakan untuk memperingati sosok R.A. Kartini yang merupakan sosok pahlawan yang memperjuangkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan terutama di bidang pendidikan, sekaligus sebagai wujud apresiasi atas peran perempuan di dunia digital saat ini.

Para pembicara yang hadir pada hari itu juga tak kalah spesial. Mereka adalah para tokoh start-up yang kesemuanya perempuan. Ada tiga perempuan hebat yang hadir sebagai pembicara pada malam itu.  Sosok perempuan yang pertama adalah Istofani Api Diani, CEO sekaligus Founder dari fitinline.com, sebuah web dengan konsep clothing hub yang memiliki tujuan sebagai sarana bagi konsumen untuk mencari info produk serta layanan terkait clothing. Kedua, Mariana Ros Afianti yang merupakan Co-founder dari jejualan.com, sebuah web jasa pembuatan toko online. Sosok yang terakhir adalah Yuki Ohata, seorang perempuan Jepang yang merupakan CEO dan founder dari jpassport.asia, situs rekomendasi servis dan produk premium Jepang di Singapura.

 

 

Dalam kegiatan ini ketiga pembicara memaparkan pemikiran-pemikiran mereka atas peran perempuan di dunia digital saat ini. Para pembicara masih melihat masih besar kesenjangan peran antara perempuan dan laki-laki, terutama dari jumlah figur yang terlibat di dunia digital. Para pembicara juga mengajak para perempuan untuk mau terjun langsung berkarir di dunia digital, jangan ragu untuk mencoba untuk berkarir di dunia digital karena sangat  banyak kesempatan dan bidang yang bisa di eksplorasi agar bisa sukses di dunia digital. Perempuan memiliki kebebasan untuk bisa bermimpi dan menentukan hidupnya.

Diharapkan kegiatan ini mampu menginspirasi para perempuan untuk mau terlibat dalam pengembangan dunia digital di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Sehingga, cita-cita dari R.A. Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dapat berjalan bersamaan dengan perkembangan dunia digital yang terus berubah.

Talk show Kartini in Digital Industry diadakan pada Kamis, 19 April 2018 di Jogja Digital Valley

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *