Hasil Pertemuan Tim Formatur ADITIF dengan Gubernur D.I. Yogyakarta

IMG_20150812_111802_HDR

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Tim Formatur ADITIF diundang oleh Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta. Pertemuan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 12 Agustus 2015 di Komplek Kepatihan. ADITIF bukan satu-satunya pihak yang diundang dalam pertemuan ini, Jogja Creative Association (JCA), ditributor aplikasi, dan perwakilan UGM juga turut hadir.

Dari pihak Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta hadir beliau Bapak Gubernur dan beberapa Kepala Dinas. Acara yang berlangsung selama dua jam ini sekaligus menjadi ajang silaturahim antara pemerintah daerah dengan pelaku industri TI di Yogyakarta.

IMG_20150812_110433_HDR

Dalam pembukaannya, Bapak Gubernur menekankan bahwa Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta sangat mendukung industri digital kreatif di Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Digital Goverment Services sebagai bagian Jogja Cyber Province. Melalui pertemuan ini, beliau sangat mengharapkan masukan dan saran dari pelaku industri untuk dapat menjadikan Jogja sebagai pusat industri digital.

Tim Formatur ADITIF hadir dalam pertemuan ini dengan membawa aspirasi yang kami kumpulkan dari seluruh anggota. Aspirasi yang masuk kami rangkum menjadi beberapa poin berikut ini:

  • Tersedianya Perijinan dan Birokrasi Satu Atap
  • Tersedianya Ruang Usaha yang Memenuhi Standar ICT
  • Tersedianya Infrastruktur Pendukung Lainnya yang Dapat Diandalkan
  • Menyelenggarakan Kegiatan Promosi untuk Produk IT
  • Akses & Dukungan ke Sumber Permodalan
  • Membangun Balai Pelatihan Tenaga Terampil TI

Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta menyambut baik usulan-usulan tersebut. Salah satu respon yang dilontarkan oleh Bapak Gubernur adalah dengan memanfaatkan salah satu bangunan cagar budaya (BCB) sebagai pusat kegiatan inkubasi bisnis dan co-working space. Tindak lanjut dari respon tersebut akan dibicarakan dalam pertemuan berikutnya.

ADITIF sebagai asosiasi yang menaruh perhatian pada pembangunan ekosistem bisnis digital di Tanah Air sangat mendukung forum komunikasi seperti ini. Kami akan mengabarkan perkembangan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *