DEKLARASI ADITIF

Pada tanggal 15 Juni 2015, perwakilan berbagai perusahaan kreatif digital Yogyakarta, pemerintah, tenaga pendidik, penerbit, dan pers akan melaksanakan pertemuan di Dixie Easy Dining, untuk menyepakati Deklarasi Pembentukan Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF). Agenda yang akan dilaksanakan adalah Talk Show oleh sponsor dan Deklarasi ADITIF.

Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF – Digital Creative Association) adalah asosiasi yang mewadahi pelaku industri kreatif berbasis digital di Indonesia. Visi ADITIF adalah untuk meningkatkan daya saing industri kreatif digital Indonesia, dimulai dari lingkup Yogyakarta. Asosiasi ini adalah hasil inisiatif beberapa pelaku start-up di Yogyakarta, yaitu: Saga Iqranegara dari Loops, Indra Haryadi dari Dojo-Box, Sony Rachmadi Purnomo dari Run System, Budi Raharjo Santoso dari TripCribs, Istofani Api Diany dari Fitinline, Kenniko Okta Putra dari Tech Grids, dan Rizal Sipayung dari Warung Rakyat. Tujuh orang tersebut berperan sebagai Tim Formatur Pembentukan ADITIF.

Sebagai bentuk dukungan pada deklarasi ADITIF, PT Gameloft Indonesia (Yogyakarta), Solusi247 (Jakarta), dan MALIOME Hackerspace (Yogyakarta) memastikan keterlibatan dalam asosiasi ini dan dalam acara deklarasi yang akan dilangsungkan. Perusahaan-perusahaan tersebut telah berperanserta dalam pengembangan industri kreatif Indonesia melalui produk dan pelayanannya kepada masyarakat. Untuk mengukuhkan komitmennya terhadap deklarasi ini, perwakilan dari ketiga perusahaan tersebut akan menghadiri acara deklarasi dan tampil dalam Talk Show.

Gameloft® merupakan perusahaan pengembang game digital dan sosial yang telah membuktikan dirinya sebagai salah satu inovator terbaik di bidangnya semenjak tahun 2000. PT Gameloft Indonesia didirikan pada tahun 2010 dan hingga saat ini telah mempekerjakan kurang lebih 600 staf di Yogyakarta, kota yang dihuni oleh sekitar 500.000 jiwa. PT Gameloft Indonesia telah berhasil mencapai setiap target dalam menghasilkan berbagai game papan atas di tengah tuntutan pasar dunia yang semakin tinggi. Pencapaian tersebut merupakan bukti dari keahlian talenta-talenta yang dimiliki Gameloft di kota ini. PT Gameloft Indonesia menetapkan standar tinggi dalam perekrutan sumber daya manusia yang unggul, bakat-bakat yang dinamis dan adaptif terhadap industri yang bergerak sangat cepat. Dan Yogyakarta menyediakan sumber daya yang melimpah dengan kurang lebih 83 kampus, dimana 25% di antaranya merupakan Jurusan Teknik Informatika. Sebagai bagian dari komponen yang tidak terpisahkan dari Yogyakarta, PT Gameloft Indonesia sebagai perusahaan IT terbesar di Yogyakarta mengembangkan perannya sebagai pusat Teknologi Informasi dalam rangka dukungan terhadap rencana Sri Sultan HB X untuk mengembangkan Yogyakarta sebagai hub dari industri ICT di Indonesia. Informasi lebih detail mengenai Gameloft® dapat diperoleh dari www.gameloft.com.

PT Dua Empat Tujuh (SOLUSI247) merupakan perusahaan ICT (Information Communication Technology) di Indonesia yang berfokus pada pemrosesan Big Data dan komponen elektronik teknologi tinggi. Hadir sejak tahun 2000, PT Dua Empat Tujuh telah berpengalaman menangani data yang sangat besar di industri telekomunikasi. PT Dua Empat Tujuh memiliki 3 area bisnis yaitu Information Technology (IT) Solution, High-Tech Solution, dan Hybrid Solution. Pada area Big Data, PT Dua Empat Tujuh memiliki produk pengolahan data yaitu H-Grid247 untuk batch processing, S-Grid247 untuk real time processing, dan H-Spark247 untuk in-memory processing. Pada area High Tech, PT Dua Empat Tujuh berhasil membuat radar pertama buatan Indonesia dengan komponen lokal yang besar. Saat ini radar yang dihasilkan telah diimplementasikan di beberapa kapal perang Republik Indonesia. Pada area Hybrid, PT Dua Empat Tujuh mengembangkan sistem pengawasan perairan yang berguna bagi keselamatan dan navigasi di perairan. PT Dua Empat Tujuh memiliki kantor pusat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan dan kantor cabang di Yogyakarta, Surabaya, dan Eindhoven, Belanda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.solusi247.com.

MALIOME Digital Indonesia adalah perusahaan internet marketing dan induk dari beberapa start-up digital, berkedudukan di Indonesia dan Singapura. Diantaranya mengoperasikan MALIOME Hackerspace, tempat dimana start-up lain berkantor, seperti NGONOO.com, Listeno, IDWinPhone, Mobiggr, Pilamo, Addotta, dan Ehloo.com. MALIOME mendukung perkembangan start-up dan bisnis kreatif di Yogyakarta dengan menyediakan tempat beraktivitas beserta fasilitasnya, mengadakan event start-up dan memberikan seed funding bagi start-up baru sebagai dana hibah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *