BIZTALK #5: Banking for Start-Up with PermataBank

15137471_1367385749952068_5622316508321582468_o

Akses perbankan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku start-up. Akses tersebut dapat berupa permodalan, maupun layanan perbankan lainnya seperti pembukaan akun maupun pinjaman personal.

Banyak teknologi dan layanan yang ditawarkan perbankan pada saat ini, namun belum banyak dimanfaatkan oleh para pelaku start-up. Misalnya saja layanan virtual account. Sofyan Ahmad, Virtual Acount Senior Manager, mengemukakan bahwa kondisi pada saat ini adalah para pelaku digital start-up masih bergantung pada layanan manual bank transfer, dan harus melakukan pengecekan rekening berulang. Ada juga yang meng-coding ulang sistem, sehingga mutasi transfer bank bisa terbaca oleh sistem. Padahal ini cukup membuang waktu yang harusnya bisa dialokasikan pada pengerjaan tugas yang lain. Sistem digit unik juga menjadi perhatian para pelaku startup bisnis, yang mana pengembangan teknologi di masa mendatang sudah tidak relevan.

Pembahasan lainnya mengenai akses perbankan untuk start-up. Pada dasarnya, pelaku bisnis digital tidak perlu langsung membuka rekening korporat ketika pertama kali beroperasi. Mereka dapat menggunakan akun personal, yang lebih murah dan lebih dapat dipenuhi untuk bertransaksi. Akun personal ini juga nantinya dapat digunakan untuk personal loan dan investasi, apabila kebutuhan dari angels dan investor belum terpenuhi. “Biasanya para pelaku start-up ini takut untuk datang dan bertanya ke bank, namun sekarang banyak informasi yang didapatkan di internet, bahkan mereka bisa dapat membuka akun bank melalui apps” ujar Agus Susanto selaku Head Area Permata Bank Yogyakarta.

Materi lain mengenai teknologi digital payment, disampaikan oleh Aldion Sianturi, Marcom Manager Faspay. Pada dasarnya, payment gateway ada untuk mempermudah para pelaku start-up untuk melakukan transaksi yang lebih aman dan cepat. Pola pelanggan yang berubah, membuat pihak payment gateway terus berinovasi agar dapat cepat beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan maupun pihak bisnis.

Acara yang dihadiri oleh 30 orang ini berlangsung meriah. Di akhir acara, tim Permata Bank membagikan hadiah beberapa gadget kepada peserta yang memenangkan tantangan pada saat event berlangsung. Acara ini merupakan kerjasama antara Jogja Digital Valley, ADITIF, dan Bank Permata.

BIZTALK #5: Banking for Start-Up diadakan pada 18 November 2016 di Jogja Digital Valley

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *