ADITIF, Untuk Indonesia, Mulai dari Jogja

Latar Belakang
Permasalahan adalah menu wajib sehari-hari bagi sebuah bisnis, apapun bisnisnya. Bisnis yang sehat selalu punya solusi atas semua masalah yang mereka hadapi.

Tapi ada beberapa permasalahan yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Masalah ini umumnya dialami oleh bisnis sejenis lainnya. Permasalahan ini adalah permasalahan bersama, dan hanya bisa diselesaikan bersama-sama.

Bicara tentang Aditif adalah bicara tentang ekosistem industri kreatif digital. Bahwa dalam industri ini tidak hanya dihuni oleh pelaku bisnisnya saja adalah hal yang tidak terbantahkan.

Banyak komponen lain, selain dari pelaku bisnis itu sendiri, yang ikut berkontribusi terhadap industri ini. Namun sayangnya hingga saat ini belum bisa berjalan secara harmonis. Usaha yang dilakukan bersifat sporadis, sendiri-sendiri, tidak terkoordinasi.

Untuk Indonesia, Mulai dari Jogja
Jogja adalah kota yang spesial. Hasil dari riset Jogja Digital Valley 2014 mengungkap fakta bahwa kota ini menjadi pilihan untuk bisnis digital kreatif karena karakter kota dan fasilitas pendukungnya.

Jogja juga memiliki komponen pendukung ekosistem industri digital kreatif yang cukup lengkap, dan belum terkoordinasi dengan baik. Karenanya ini menjadi alasan yang kuat bagi Aditif untuk mulai dari Jogja.

Jika di masa depan kami bisa mewujudkan cita-cita kami untuk membangun ekosistem industri yang baik, maka bukan tidak mungkin untuk diterapkan di kota lain. Dan pada akhirnya, Indonesia sebagai negara.

Prinsip Dasar
Aditif lahir dari kebutuhan pelaku bisnis digital kreatif di Indonesia. Dan tidak ada intervensi atau kepentingan pribadi dari pihak internal maupun ekternal.

Aditif menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dan netralitas. Aditif juga aktif dan accountable. Nilai-nilai dasar ini yang akan selalu dipegang.

Langkah Selanjutnya
Deklarasi berdirinya Aditif pada hari Senin, 15 Juni 2015 ini hanyalah sebuah langkah kecil dari sebuah perjalanan panjang. Banyak hal yang harus kami lakukan untuk mencapai tujuan.

Paling tidak, dari deklarasi ini, seluruh pelaku bisnis digital kreatif sepakat dan bersatu untuk mewujudkan misi ini.

Konggres Aditif pertama akan diselenggarakan selambatnya 3 bulan setelah deklarasi. Dan dari konggres itu akan lahir dasar-dasar asosiasi dan program kerja ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *